Berwisata ke Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul

Hai teman-teman buat kemarin belum sempat liburan dan masih pada mau liburan yuk segera berlibur. Rencanakan liburan dengan baik yang pastinya seru bersama keluargamu.

Artikelku kali ini adalah tentang sebuah tempat indah yang masih berada di Pulau Bali.

Danau Beratan Bedugul, merupakan sebuah destinasi tour yang paling hits dan populer di pulau Dewata Bali, destinasi wisata ini terletak pada daerah pegunungan yang memiliki suasana sejuk dan nyaman dengan balutan pepohonan tropis terpampang masih alami, memukau mata setiap penikmatnya, berkunjung ke sini, anda akan disuguhi pemandangan keindahan alam danau Beratan dan Pura Ulun Danu, terletak di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan.

Danau Beratan Bedugul merupakan sebuah danau yang berada di Bali yang dikelilingi oleh bukit dan memiliki udara sejuk. Danau Beratan berada di kawasan Bedugul yang terletak di dataran tinggi dan alamnya masih asri. Tak lupa hasil panennya yang dapat Anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Danau Beratan Bedugul termasuk dari sekian banyak wisata Bali yang terkenal. Sehingga tak heran wisata Danau Beratan tak pernah sepi pengunjung, terlebih jika memasuki hari libur. Meski begitu, banyak wisatawan yang lebih kenal dengan nama Danau Bedugul daripada nama aslinya.

Asal nama Bedugul dari kata “bedug” dan “kul-kul”, dua kata tersebut merupakan dua buah alat yang menghasilkan bunyi-bunyian. Bedug merupakan alat musik khas umat muslim dan diletakkan juga di masjid-masjid, sedangkan Kul-kul adalah kentongan yang digunakan sebagai tanda untuk komunikasi masyarakat Bali. Dan di kawasan ini ada sebuah masjid berdiri di pinggir jalan, perpaduan dua kata dari dua budaya berbeda ini, merupakan akuluturasi budaya yang sudah terjaga baik di Bali. Ada versi lain juga yang muncul asal dari kata Bedugul tersebut muncul ketika ada seorang raja mandi di danau Beratan, kemudian dilihat oleh warga sekitar dan mengatakan “bedogol raja kelihatan” sehingga kata bedogol tersebut sekarang menjadi Bedugul.

Mata pencaharaian penduduk setempat banyak juga sebagai petani sayur dan buah strawberry, hasil kebun tersebut kemudian di pasar tradisional dan didistribusikan ke kota-kota memenuhi kebutuhan pasar modern, bahkan ada juga dijual ke daerah lain di pulau Bali.

Di areal destinasi wisata danau Beratan Bedugul ini disiapkan kapal boat atau sampan yang disewakan bagi pengunjung agar bisa lebih menikmati keindahan Danau Beratan, anda bisa berkeliling danau, menikmati panorama alam indah sekitarnya.Dekat areal parkir terdapat kios-kios kecil sebagai tempat belanja keperluan oleh-oleh bagi keluarga dan warung makanan dan minuman. Tempat wisata terdekat dari destinasi danau Beratan Bedugul diantaranya destinasi wisata Kebun Raya Bedugul, Puncak Wanagiri, The Sila's Agrotourisem, Bolooms Garden dan danau Kembar Buyan - Tamblingan.

Di kawasan ini anda dapat berkeliling danau dengan menyewa perahu atau speed boat. Anda juga dapat menikmati sejuknya udara dengan berjalan kaki disekitaran tepian danau. Tak hanya itu, Anda juga dapat bermain di Kebun Raya Bedugul yang merupakan satu-satunya kebun raya di Bali. Berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang tumbuh subur dan dapat Anda panen sendiri. Cukup 5 menit perjalanan dari Danau Beratan, Anda sudah sampai di Kebun Raya Bedugul.

Di tengah Danau Beratan Bedugul terdapat sebuah pura yakni Pura Ulun Danu yang memiliki stupa budha, menggambarkan keharmonisan umat agama hindu dan budha sejak zaman dulu. Stupa budha dan pura selalu dijaga dan mendapat pemeliharaan rutin sehingga kebersihannya terjaga. Pura Ulun Danu merupakan tempat pemujaan terhadap Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan. Akan sangat disayangkan apabila Anda tak berkunjung ke Pura Ulun Danu. Jika Anda datang di hari baik menurut kalender Bali, Anda mungkin akan bertemu rakyat Bali yang sedang melakukan ibadah ataupun upacara keagamaan disini.

Danau Beratan terletak Jalan Raya Candi Kuning di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan. Anda yang datang dari bandara I Gusti Ngurah Rai dapat menempuh perjalanan dengan kendaraan sekitar 2 jam untuk menuju lokasi. Menuju Danau Beratan, Anda akan melalui jalanan berliku dan tajam serta disamping kanan dan kiri terdapat jurang. Meski begitu, Anda tak akan bosan sebab Anda akan disuguhi pemandangan sawah dan kebun sayuran. Dan uniknya, Anda juga akan melalui sebuah hotel yang terkenal angker yakni Hotel yang tak pernah selesai, Hotel P.I Bedugul.

Di sekitar area parkir terdapat berbagai kios-kios milik penduduk yang menjajakan hasil kebunnya atau oleh-oleh khas Bedugul. Hasil panen yang melimpah dan banyak dijual di kios-kios ialah strawberry. Ada beberapa warung yang menyediakan makanan ringan sebagai penggajal perut Anda yang terasa lapar. Bagi Anda yang muslim, Anda dapat menjalankan ibadah Anda tanpa harus khawatir di masjid yang disediakan dan lokasinya berada di atas danau sehingga Anda harus berjalan melalui puluhan anak tangga.

Apabila Anda datang di musim liburan, Anda harus bersiap sebab kawasan ini rentan macet. Juga Anda mungkin tak akan mendapat view indah jika cuaca sedang mendung, sebab Danau Beratan akan diselimuti kabut dan Anda tak dapat melihat keindahannya. Waktu terbaik untuk berkunjung ialah di pagi hari ketika kabut telah turun sehingga Anda dapat meilihat pemandangan indah Danau Beratan Bedugul.

Sekian dulu ya artikel kali ini, bisa anda jadikan referensi untuk kegiatan wisata anda. Jangan lupa piknik supaya tetap bahagia.

Untuk info dan pemesanan paket wisata selengkapnya bisa menghubungi :
Telp./Wa : 0822 2880 9090 / 0877 8602 9090
Instagram : @jatim_traveller
Website : www.panoramawisata.co.id
Alamat : Jl.Raya Sawojajar No.103,Malang

Let’s Pack Go Picnic

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebun Teh Wonosari

Indahnya Liburan Ke Gili Ketapang - Bromo

Holiday ke tempat wisata di Thailand